Minggu, 16 Februari 2014

A. Sistem Jaringan

          Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu yang di hubungkan satu dengan lainnya menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP/IP).

1. Jaringan Lokal (LAN)

          Jaringan LAN (Lokal Area Network) adalah sebuah jaringan yang tidak begitu luas jangkauannya atau hanya bersifat lokal. Jaringan LAN biasanya merupakan jaringan pribadi dan hanya menghubungkan komputer-komputer dalam satu kantor, gedung, sekolah, atau kampus.
Sistem LAN juga menyediakan fasilitas sebagai berikiut.
 a. Resource sharing, yaitu pemakai sumber daya bersama (file, printer, modem, dan faksimile) yang terpasang pada server.
b. Information sharing, yaitu pemakaian bersama program aplikasi dan data yang tersimpan dalam suatu jaringan (server).
c. Network access, yaitu jaringan dimana pengakses dapat mengakses jaringan yang lebih luas lagi yang lebih dikenal dengan Wide Area Network (WAN).



a. Topologi Bus
  

Topologi bus memiliki karakteristik sebagai berikut.
1) Merupakan satu kabel yang kedua ujungnya ditutup di mana sepanjang kabel terdapat node-node.
2) Umumnya digunakan karena sederhana dalam instalasi
3) Sinyal melewati dalam dua arah dan mungkin terjadi collision (dua paket data bercampur).
4) Permasalahan terbesar terjadi saat kabel putus. Jika salah satu segmen kabel putus maka seluruh jaringan akan terhenti.

b. Topologi Ring

          Pada topologi ring, seluruh stasiun komputer terhubung ke medium transmisi yang berbentuk ring (cinicn). Karakteristik topologi ini adalah sebagai berikut.
1) Linkaran tertutup yang berisi node-node.
2) Sederhana dalam instalasi.
3) Sinyal mengalir dalam satu arah sehingga menghindari terjadinya collision. Hal ini memungkinkan pergerakan data yang cepat dan deteksi terjadinya collision yang sederhana.
4) Permasalahan yang muncul sama dengan topologi bus.


c. Topologi Star

          Masing-masing komputer dalam jaringan topologi star terhubung ke sebuah titik sentral atau hub seperti gambar di samping.
Topologi ini memiliki karakteristik sebagai berikut.
1) Setiap node berkomunikasi langsung dengan node pusat (central). Lalu lintas data mengaliri dari node ke node pusat dan kembali lagi.
2) Mudah dikembangkan karena setiap node hanya memiliki kabel yang langsung terhubung ke node pusat.
3) Keunggulan adalah jika satu kabel node terputus, node yang lain tidak terpengaruh.
4) Dapat digunakan kabel yang "lower grande" karena hanya menangani satu lalu lintas node.


2. Jaringan Metropolitan (MAN)

          Jaringan metropolitan (MAN) merupakan jaringan yang mencakup area cukup luas, misalnya seluruh kota. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antara 10 hingga 50 km. MAN merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antarlembaga, misalnya menghubungkan sekolah-sekolah, perkantoran, dan instansi pemerintah.


3. Jaringan Luas (WAN)

          Jaringan luas (WAN) merupakan jaringan transmisi jarak jauh untuk komunikasi data, informasi suara, gambar, atau video. Transmisi jarak jauh yang dimaksud dapat berupa komunikasi antarnegara atau bahkan antarbenua dan tidak menutup kemungkinan WAN merupakan jaringan komputer global (seluruh dunia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar