Sabtu, 15 Februari 2014

D. Kecepatan Akses Internet

          Pengertian akses Internet adalah banyaknya lalu lintas data yang dikirimkan melalui jaringan Internet dalam jangka waktu tertentu. Kecepatan akses Internet diukur dengan satuan bit per second (bps). Bit atau binary digit adalah baris angka yang terdiri atas angka 0 dan 1. Satuan ini menggambarkan seberapa banyak bit (angka 0 dan 1) yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat yang lain dalam setiap detiknya melalui suatu media.

          Kecepatan transfer data merupakan sebuah peranan penting dalam ber-Internet. Selain sebagai sarana informasi, Internet juga sebagai sarana komunikasi melalui data teks, gambar, suara, dan audiovisual.

          Mengguanakan Internet berarti mempertukarkan data-data antara dua buah komputer, misalnya mengirimkan e-mail. E-mail yang kita kirimkan dari komputer akan disampaikan ke komputer peneriman dalam bentuk data-data. Dalam perpindahan data tersebut, kecepatan transfer data merupakan hal penting. Kecepatan transfer data ke sebuah komputer server sangat dipengaruhi oleh kecepatan dari provider yang kita gunakan. Pada umumnya, Internet Service Provider (ISP) yang ada di Indonesia menggunakan modem berkecepatan 28,8 hingga 56 kbps (kilobit per second).

          Saat melakukan akses Internet, banyak faktor yang memengaruhi kecepatan transfer data. Faktor-faktor yang memengaruhi kecepatan akses Internet, antara lain sebagai berikut.


1. Faktor dari Dalam Komputer

a. Modem yang Digunakan

          Ukuran kecepatan pengriman data sebuah modem memengaruhi kecepatan akses Internet. Jika modem yang dipakai lambat maka aliran datanya juga lambat. Modem dengan kecepatan 56.000 bps (bit per second) artinya modem tersebut maksimal mampu melakukan pengiriman data sebanyak 56.000 bit per detiknya. Adakalanya, modem yang digunakan tidak sebaiknya yang kita harapkan. Misalnya, modem dengan ukuran kecepatan 56 bps hanya mampu bekerja 48 bps. Bahkan, ada yang hanya mampu bekerja separuh dari ukuran sebenarnya.

b. Komputer yang Digunakan

          Komputer dengan performa yang bagus mampu memproses informasi secara cepat pula. Misalnya, komputer dengan kemampuan Pentium 4 akan lebih cepat mengakses data dibandingkan dengan komputer yang hanya  mempunyai performa Pentium 233mmx. Kecepatan ini dipengaruhi oleh kinerja prosesor dalam motherboard. Untuk dapat mengakses Internet, paling tidak kita harus mempunyai komputer dengan performa yang andal.

c. Kualitas Line Telepon

          Kualitas line telepon yang terpasang secara baik akan banyak memberi dukungan dalam penjelajahan data Internet. Sebaliknya, kualitas line telepon yang kurang baik akan merugikan kita sewaktu mengakses Internet. Hal ini disebabkan pulsa-pulsa aliran informasi tidak dapat ditangkap dengan cepat oleh kabel telepon.


2. Faktor dari Luar Komputer

          Walaupun akses server Internet sudah optimal, tekadang ketika kita membuka situs tertentu terasa lambat. hal ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor dari luar. Berikut beberapa faktor tersebut.


a. Jumlah Pengakses

          Makin banyak jumlah pengakses pada suatu situs yang sama maka makin lambat data yang akan kita akses. Hal ini karena kita harus antri bergantian untuk bisa membuka homepage-nya. Begitu pula jika kita mengakses beberapa situs secara bersamaan maka akan semakin lambat data yang terakses.


b. Jumlah Pengakses Internet dari ISP yang Digunakan

          Makin banyak pengakses Internet pada saat yang bersamaan maka kecepatan akses akan melambat. Hal ini diibaratkan ISP adalah jalan raya, sedangkan Pengakses sebagai mobil. Makin banyak mobil dijalan raya maka kecepatannya akan makin lambat.


c. Kecepatan Akses Server ke Internet

           Kecepatan server yang kita gunakan akan sangat berpengaruh pada saat mengakses data ke Internet. Hal ini disebabkan server mempunyai spesifikasi khusus dalam melakukan akses suatu data. Server adalah komputer penyedia layanan informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar