Minggu, 16 Februari 2014

C. Perangkat Keras untuk Akses Internet

           Untuk menghubungkan komputer pribadi dengan jaringan Internet, kita dapat memanfaatkan jalur telepon yang terdapat di rumah atau di kantor. Selain itu, masih diperlukan beberapa alat agar Internet bisa tersambung. Secara umum, komponen perangkat yang diperlukan untuk menghubungkan diri dengan Internet adalah sebagai berikut.

1. Modem (Modulator Demodulator)

          Modem adalah perangkat keras yang digunakan sebagai penghubung antara hardware komputer dengan jaringan telepon. Fungsi modem adalah mengubah informasi dalam bentuk sinyal digital menjadi sinyal analog agar dapat dikirimkan melalui kabel telepon analog. Sebaliknya, pada saat data atau informasi diterima dari Internet, modem berfungsi memisahkan data dari sinyal analog menjadi sinyal digital. Dengan mekanisme seperti itu, modem membuat komputer dapat terhubung ke Internet dan berkomunikasi dengan komputer atau jaringan lain yang sudah terhubung ke Internet pula.



a. Modem Telepon

          Modem telepon biasanya digunakan untuk mekakukan sambungan Internet secara dial-up, yaitu sambungan Internet secara sementara. Pengguna melakukan koneksi Internet jika membutuhkan saja. Modem ini menggunakan saluran telepon sebagai media transmisi.

b. Modem Kabel

          Modem ini menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV kabel. Dibandingkan modem telepon, modem kabel memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih tinggi, yaitu hingga 4 Mbps (megabait per second).

c. Modem ADSL (Asymetric Digital Subsribe Line)

          Modem ADSL memungkinkan berselancar Internet dan menggunakan telepon analog secara bersamaan. Modem ini cukup menggunakan satu saluran telepon, di mana sistemnya bisa membedakan antara transmisi data dengan frekuensi tinggi dan transmisi suara pada transmisi rendah. 

2. Jaringan Telepon

          Jaringan telepon atau Public Switched Telephone Network (PSTN) merupakan jaringan telepon yang ada di kantor atau rumah. Jaringan telepon sering juga disebut dengan line telepon. Melalui kabel telepon yang terhubung ke modem, data dan informasi dikirimkan ke tujuannya.

3. Komponen Hardware Lain

          Selain perangkat utama untuk akses Internet, yaitu modem dan jaringan telepon, terdapat perangkat untuk mendukung akses Internet. Berikut ini beberapa komponen hardware tambah pada jaringan Local Area Network (LAN).

a. Hub

          Hub merupakan alat penghubung antarkomputer. Fungsi hub adalah suatu alat penerima paket data dari suatu komputer di ujung salah satu topologi star dan menyalin isinya ke seluruh alat atau komputer lain.

b. Kabel dan Koektor

           Kabel dan konektornya merupakan media penghubung antara komputer dengan komputer lainnya atau dengan peralatan jaringan lainnya yang digunakan untuk membentuk jaringan. Berikut ini contoh kabel dan konektor.


Kabel yang bisa digunakan dalam jaringan ada 3 jenis, yaitu sebagai berikut.

1) Kabel Twisted Pair

          Kelebihan dari kabel twisted pair adalah harga relatif paling murah di antara kabel jaringan lainnya dan mudah dalam membangun instalasi. Kelemahannya adalah jarak jangkau hanya 100 m dan kecepatan transmisi relatif terbatas (1 Gbps) dan mudah terpengaruh noise (gangguan).

2) Kabel Coaxial

          Kelebihan kabel coaxial adalah hampir tidak terpengaruh noise dan harga relatif murah. Adapun kelemahannya adalah penggunaannya mudah dibajak dan untuk kabel jenis thick coaxial sulit untuk dipasang pada beberapa jenis ruang karena tidak fleksibel dan berat.


3) Serat Optik

          Ukuran kabel ini kecil dan terbuat dari serat optik. Kabel serat optik dapat membawa sinyal lebih cepat dan jangkauan lebih jauh dibandingkan kabel coaxial dan kabel twisted pair. Kabel ini dibagi menjadi 2, yaitu single-mode dan multimode. Kabel single-mode (serat tersempit) membawa cahaya pada satu panjang gelombang saja. Sementara itu, kabel multimode dapat membawa cahaya dengan beberapa panjang gelombang berbeda sekaligus karena diameter intinya cukup besar (50 mm).



c. Repeater

          Fungsi utama repeater adalah untuk memperkuat sinyal. Sinyal yang diterima dari satu segmen kabel LAN akan dipancarkan kembali dengan kekuatan sinyal asli pada segmen kabel lainnya. Sejumlah alat penguat sinyal ini dipasang dalam jaringan dengan jarak tertentu supaya sinyal yang diitransmisikan tetap terjaga seperti ketika dikirimkan.



d. Bridge

          Bridge digunakan untuk menghubungkan dua buah LAN dan memungkinkan pertukaran paket data dari satu LAN ke LAN yang lain. Bridge dapat memperluas jaringan LAN sehingga semua segmen yang saling berhubungan satu sama lainnya menjadi bagian dari LAN yang lebih besar.


e. Router

          Router berfungsi sebagai penghubung antara dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router mampu mencari jalur terbaik untuk mengirimkan pesan dari satu komputer ke komputer lain. Router dapat mengetahui keseluruhan jaringan dan melihat sisi mana yang paling sibuk sehingga dapat menarik data pada sisi yang sibuk tersebut agar bersih untuk dilalui data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar