Minggu, 16 Februari 2014

B. Model Jaringan

          Ada beberapa model jaringan Internet, antara lain jaringan client-server dan jaringan ujung ke ujung (peer-to-peer network).

1. Jaringan Client-Server

           Jaringan client-server merupakan jaringan komputer yang dalam proses penanganan datanya membagi diri menjadi dua tugas, yaitu komputer server dan komputer client. Keduanya terhubung dengan kabel (atau bisa pula dengan infrared, radio, atau microwaves) untuk berkomunikasi.
 
          Walaupun komputer yang digunakan antara komputer server dan komputer client sama dalam arsitekturnya, namun konfigurasi hardware dan software-nya sangat jauh berbeda. Untuk menjalin hubungan dengan komputer lain dalam satu jaringan, dapat dimulai dengan menghubungi server dengan tujuan meminta hak untuk pemakaian jaringan. Komponen server akan menerima permintaan dari client dan langsung memperosesnya untuk selanjutnya mengembalikan hasil pemrosesan tersebut kepada client.


2. Jaringan Ujung ke Ujung

          Dalam jaringan ujung ke ujung, tidak ada pembagian tugas mana client dan mana server. Semua bisa menjadi client maupun server secara simulatan. Semua sumber (resource) pada setiap komputer, seperti hard disk, file, perangkat lunak aplikasi, printer, dan modem dapat dipakai bersama-sama.

          Walaupun secara sistem operasi bisa saling berhubungan data dan fasilitas yang lain, namun tidak semua sistem operasi dapat dijadikan server, contoh Windows 95. Jadi, apabilaakan menjadikan komputer sebagai sebuah server perlu sipertimbangkan pemakaian sistem operasi.

          Jaringan ini biasanya hanya dipergunakan untuk suatu jaringan yang sedikit atau keperluan yang kecil, seperti di rumah atau kantor yang kecil. meskipun demikian, jaringan ini bisa dihubungkan atai dipakai untuk 50-100 client, tentunya sengan sistem operasi yang tertentu. Ada hal yang perlu diketahui pula bahwa server dalam jaringan ujung ke ujung dapat dijalankan sebagai sebuah komputer biasa dan berfungsi seperti biasa, tidak diam saja (non-dedicated server mode).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar